Selasa, 14 Oktober 2014

Memilih Jet Pump Shimizu Untuk Rumah

Memilih Jet Pump Shimizu Untuk Rumah - Ralali Blog and Tip.Listrik dirumah anda mati, lalu keran air anda juga tak menetes. Bila pilihannya hanya satu yang bakalan jalan. Mana yang anda tentukan? Mungkin saja (sama dengan saya) anda tentukan : AIR!!. Ini menunjukkan bahwa keperluan air bersih adalah keperluan paling utama rumah tangga bahkan juga melebihi listrik. Seumpama daerah yang terserang bencana alam seperti gempa bumi, dimana jaringan PDAM serta listrik putus, orang-orangnya lebih dipusingkan bakal keperluan air daripada listrik.

Memilih Jet Pump Shimizu Untuk Rumah


Air adalah keperluan paling utama rumah tangga. Terkecuali keperluan vital spt minum, masak, bersihkan, mandi ataupun kepentingan yang lain seperti bersihkan motor/mobil, siram tanaman, kolam.

Mungkin saja dirumah anda masuk jaringan PDAM. Namun apakah dapat dihandalkan? Jaringan distribusi sudah menebar ke banyak rumah, baru lalu tiba dirumah anda hingga air yang keluar tidaklah memenuhi. Bahkan juga mungkin saja cuma mengalir waktu tengah malam saja.
Sekarang ini baru seputar 35 % rumah tangga yang dapat dilayani PDAM. Bekasnya sangat terpaksa masih tetap memercayakan sumber air tanah. Karenanya penggunaan pompa air masih tetap menguasai. Banyak rumah tangga di kota-kota telah memakai pompa listrik, sekalipun dirumah mereka sudah dilayani PDAM

Untuk penuhi keperluan air keseharian dalam suatu rumah, umumnya kita memerlukan minimum 1 buah pompa air untuk mendistribusi air dari sumber ke semua titik air (sumber air bisa berbentuk sumur atau penampungan air dibawah).

Untuk mempermudah mengkonsumsi air, umumnya kita bangun tower air dengan ketinggian spesifik. Dalam keadaan ini kita menghisap air dari sumber air dibawah dengan pompa untuk disimpan pada tower air (toran). Setelah itu dengan tower air, kita memakai style gravitasi bumi untuk bikin air mengalir lewat pipa tanpa ada butuh pertolongan pompa lagi. Untuk keperluan di lantai bawah system itu mungkin saja jalan baik. Namun, untuk air di lantai dua dapat punya masalah lantaran style gravitasinya telah rendah. Rumah anda mungkin saja membutuhkan pompa penambahan lain dari toran ke titik air untuk sebagian kepentingan yang membutuhkan desakan air spesifik seperti waterheater gas atau mesin pencuci moderen. Mungkin saja dengan style gravitasi desakan yang disyaratkan tak terwujud. Pompa ini umumnya dimaksud pompa booster.

Sekarang ini banyak type pompa rumah tangga yg beredar di market beragam merk serta jenis, buatan Eropa, Jepang, Korea, China atau produksi lokal dg bermacam pemakaian. 

Untuk pilih type pompa yg pas sesungguhnya tak terlampau susah, yg utama anda mempunyai info yg akurat saat sebelum beli. Tanpa ada info itu bukanlah anda saja yang bingung, penjual juga bakalan bingung untuk memilihkan pompa yang pas utk anda. 

Nah bila anda punya niat beli/ganti pompa dirumah anda mungkin saja beberapa tips tersebut cukup berguna.

Panduan Pilih Pomp

Kedalaman Air. Ukur kedalaman permukaan air dari permukaan tanah dimana pompa bakal dipasang. Info tentang kedalaman permukaan air kerapkali salah, lantaran yang kerap didapatkan dari customer yaitu kedalaman sumur bukanlah kedalaman permukaan air. Pipa mungkin anda benamkan hingga 30 m meskipun permukaan airnya berkedalaman cuma 3 m. Apabila sumber air yang bakal anda pakai yaitu sumber air yang lama, anda bisa mengukur sendiri ketinggian air dengan memasukkan paku yang diikat dengan benang. Pikirkan kemungkinan penurunan permukaan air di musim kemarau, anda dapat menaikkan 1 – 2 mtr. dari pengukuran dari musim penghujan.

Type pompa. Untuk kedalaman permukaan air 7 mtr., tentukan pompa sumur dangkal, untuk kedalaman 7 – 9 m baiknya menggunakan pompa sumur dangkal jenis semi jet pump. Apabila kedalaman permukaan sumber air anda 9 mtr., jadi anda baiknya memakai pompa air berjenis jet pump. Dengan memakai pompa air type ini, jadi sumur minimum mesti mempunyai diameter 4″, supaya ventury jet bisa masuk ke sumur. Ciri pompa type ini memiliki 2 buah lubang sisi inletnya.
Gambar 2. Kedalaman air serta type pompa.

Spesifikasi Pompa. Dari spesifikasi pompa air, anda bisa memperbandingkan kedalaman permukaan air dengan info daya hisap. Biasanya standard yang dipakai oleh produsen pompa air yaitu kedalaman permukaan air optimal dimana air bisa terhisap. Optimal belum pasti maksimal, lantaran pada daya hisap optimal, mungkin saja anda cuma memperoleh air beberapa 1 liter, kurun waktu 1 jam. Sudah pasti ini tak efektif. Misal : Info spesifikasi daya hisap dari produsen biasanya mencantumkan 11 mtr. untuk type semi jet pump walau sebenarnya idealnya di kedalaman 7 – 9 m. Voltase. Tentukan pompa yang pas dengan voltase dirumah anda.

Daya Listrik serta Kedalaman. Pompa sumur dangkal berdaya listrik 125 atau 200 watt sedang semi jet pump berdaya 100 atau 250 watt, daya listrik yang semakin besar bukanlah bermakna bisa menghisap lebih dalam. Cuma memengaruhi kemampuan. Misal : Dengan daya 200 watt, kemampuan air, dalam makna volume air yang dikeluarkan oleh pompa per jam, semakin besar dari pada yang 125 watt. Tidak sama juga dengan pompa berjenis jet pump, daya listrik yang besar mempunyai daya hisap yang lebih dalam juga.

 Masalah Daya Listrik Jet Pump. Untuk kedalaman permukaan air sampai 12 mtr., anda bisa memakai pompa jet pump berdaya listrik 125 Watt atau 150 Watt. Pada info spesifikasi product dari produsen biasanya dimaksud mempunyai daya hisap sampai 15 mtr.. Untuk kedalaman permukaan air kian lebih 12 mtr. ada patokan standard yang biasanya telah di ketahui oleh toko atau tukang pompa, yakni : 15 mtr. yaitu kedalaman optimal yang maksimal untuk pompa jet pump 250 Watt atau 300 Watt, 18 mtr. untuk yang berdaya 375 Watt, serta 20 mtr. untuk yang berdaya 500 Watt. Kian lebih patokan itu biasanya kemampuan air yang keluar dari pompa air telah tak maksimal untuk pemakaian rumah tangga yang simpel sekali juga. Janganlah terkecoh dengan info spesifikasi daya hisap dari produsen, yang biasanya mencantumkan 30 mtr. untuk pompa jet pump berdaya 250 Watt atau 300 Watt, 40 mtr. untuk berdaya 375 Watt, serta 50 mtr. untuk berdaya 500 Watt. Apabila kedalaman permukaan air anda telah melebihi 20 mtr., anda telah sangatlah dianjurkan untuk memakai pompa air berjenis submersible.

Ketinggian Tower. Sampai ketinggian berapakah air bakal disalurkan. Karenanya anda butuh pelajari spesifikasi pompa. Umumnya dimaksud Keseluruhan Head. Daya dorong juga di pengaruhi oleh berapakah kedalaman hisapnya. Semakin pendek daya hisap, semakin jauh daya dorongnya. Oleh karenanya upayakan untuk meletakkan mesin pompa dengan sumur serendah mungkin saja.

Daya Listrik Rumah. Tentukan pompa yang sesuai sama daya listrik dirumah. Butuh diingat waktu start pompa senantiasa ± 1, 5 – 2 kali daya wajarnya. Pada label spesifikasi umumnya tercatat input serta output. Umpamanya input (daya pada start pertama yang berjalan dalam sebagian detik) = 100 watt bermakna mengkonsumsi listrik waktu start 1, 5 – 2 kali dari itu, sedang output = 0, 25 kW (mengkonsumsi listrik dengan beban) bermakna mengkonsumsi listriknya 250 watt. Apabila rumah anda berdaya 900 watt, anda bisa memakai pompa sampai 375 Watt, namun mungkin saja butuh diperhitungkan untuk tingkatkan daya listrik anda 1300 watt, lantaran apabila dikombinasi dengan piranti listrik serta elektronik yang lain mungkin saja kurang. Yang butuh di perhatikan apabila anda pilih memakai pompa berdaya 500 watt harga jet pump shimizu 500 watt murah dan sangat cocok bagi anda yang menggunakan air pump. Lantaran spesial untuk jenis ini daya listrik yang dibutuhkan ketika start yaitu 3 kali daya normal, hingga jadi 1500 watt. 

Pemutus arus. Tentukan pompa yang motornya dilengkapi thermal protector atau circuit breaker, yang berperan memutus arus listrik apabila beban pompa terlalu berlebih. Jadi, pompa automatis bakal berhenti bila terlampau panas hingga tak terbakar.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More